Senin, 12 September 2011

DJ Site | Blogger Serabutan

Trash Tycoon, Ajarkan Penghijauan via Game Sosial

 


Jakarta - Mengedukasi kebiasaan untuk ramah lingkungan akan lebih menarik jika dikemas dalam sebuah permainan. Ide inilah yang diusung Trash Tycoon.

Game Facebook yang diterbitkan Guerillapps ini mengajarkan pemain mengenai isu-isu lingkungan hidup. Permainan yang ditampilkan Trash Tycoon, menonjolkan konsep daur ulang atau mengubah sampah menjadi produk baru.

Pemain akan berperan sebagai pengusaha produk daur ulang. Tugas mereka dalam permainan ini adalah mengumpulkan sampah dan menemukan material baru yang bisa menggantikan barang sekali pakai seperti tas plastik. Setiap tugas selesai dikerjakan, pemain akan mendapatkan poin, uang dan gelar sebagai 'Garbage Tycoon'.

Seperti dikutip detikINET dari Mashable, Senin (12/9/2011), si pembuat game ini, yang juga CEO Guerillaps Raviv Turner yakin bahwa permainan game sosial sangat ampuh mempengaruhi perilaku pemain di kehidupan nyata.

"Hal sederhana seperti game sosial dimana pemain mendapatkan poin untuk setiap tugas mendaur ulang sampah bisa mengubah kebiasaan orang untuk lebih ramah terhadap lingkungan," kata Turner.

Selain mengajarkan perilaku 'hijau', Trash Tycoon juga mendonasikan 10 persen dari penjualan gamenya ke CarbonFund.org, sebuah organisasi nirlaba yang berdedikasi memperjuangkan isu lingkungan hidup dan perubahan iklim.

Sumber: DetikInet

DJ Site | Blogger Serabutan

DJ Site | Blogger Serabutan

Seseorang yg hanya ingin membuat Tuhan tersenyum riang dan sesekali tertawa melihat kehidupannya sambil berkata "AKU tidak pernah menyesal menciptakan engkau!" - It's Me @djnand

Ferdinand is my name, djnand is my nickname, and Blogger Serabutan is my identity.

Beberapa temen blog lebih suka manggil saya Kang Dije, beberapa temen netter lebih suka manggil saya Um Jee, dan hampir semua temen saya di dunia nyata manggil saya Dije atau Ferdinand.